Nabi Yang Memiliki Kekuatan Dalam Alkitab

The world needs superheroes. Superhero nggak cuman heroik, tapi punya kemampuan khusus yang orang biasa nggak punya, ada yag bisa terbang, ada yang bisa menghilang, bisa mengangkat mobil dsb. Kalo kita liat tokoh-tokoh itu beraksi di komik or film, pasti seru en bikin kita terkagum-kagum, ya nggak? Tapi taukah kamu, di Alkitab juga banyak superhero mirip di komik or film-film lho! Bedanya, mereka punya kemampuan ‘super’ lantaran Tuhan yang memberikan mereka kemampuan itu, ini dia 10 diantaranya :

Elia
Kemampuan: Pyrokinesis/mengendalikan api
Baca: 1 Raja 18:19-39Sapa nggak tau peristiwa Elia menantang 450 nabi Baal. Di situ Elia bisa ngedatangin api yang besar dari langit dan membakar habis korban bakaran Elia dalam waktu sekejab. Padahal korban bakaran Elia udah disiram dengan berliter-liter air ampe banjir ke parit di sekelilingnya.
Mirip: Human Torch

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Simson
Kemampuan: Super Strength
Baca: Hakim-hakim 14:6
Kuat banget, singa aja di tangan Simson bisa dirobek-robek seperti merobek anak kambing (kita ajah merobek anak kambing kudu pake pisau daging yang tajam). Dengan tangan kosong lho. Kekuatannya sangat dahsyat sehingga dia ditakuti oleh semua orang. Dia bisa membunuh 1000 orang Filistin sendirian.
Mirip: Hulk

 

 

 

 

 

 

 

 

Elia
Kemampuan: Super Speed/berlari secepat kilat
Baca: 1 Raja 18:46 Dia lebih cepat dari kereta api, lebih cepat dari peluru. Dia bisa lari ngeduluin Raja Ahab yang waktu itu naik kereta kuda dengan kencang menghindari hujan badai yang bakal datang. Elia bisa berlari secepat itu karena kuasa Tuhan.
Mirip: The Flash/Quicksilver/Dash

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Elisa
Kemampuan:Magnetokinesis/menggerakkan benda mati
Baca: 2 Raja 6:1-7 Waktu itu Elisa yang lagi jalan-jalan ama nabi-nabi yang lain ngelihat penebangan pohon di pinggir sungai Yordan. Tiba-tiba ada seseorang yang kehilangan kapaknya lantaran jatuh tenggelam di sungai itu, dan ia pun panik karena kapak itu kapak pinjaman. Elisa cuman ngelempar sepotong kayu dan kapak itu pun keluar dari air.
Mirip: Magno

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yohanes
Kemampuan: Precognition/melihat masa depan
Baca: Wahyu 1-22 (nah loh… baca semua, jangan males hehe…) Yohanes yang hidup di beberapa ribu taun yang lampau bisa tau semua peristiwa dunia jaman sekarang. Bahkan dia bisa tahu dengan detail gimana proses kehancuran bumi ini. Salah satunya dia ngeliat pesawat tempur dengan pilotnya yang dia kira belalang berkepala manusia! (baca deh Wahyu 9:7)
Mirip: Hourman/Blindfold

 

Paulus
Kemampuan: Invulnerability/kebal
Baca: Kisah 28:3-6 Waktu terdampar di pulau Malta gara-gara badai menimpa kapal mereka, Paulus digigit ular beludak. Tapi reaksi Paulus santai aja tuh. Ular itu cuman dikibasin aja dari tangannya en Paulus nggak apa-apa. Padahal ular beludak adalah ular paling berbisa di dunia.
Mirip: Juggernaut/the tick/superman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Filipus
Kemampuan: Teleportation
Baca: Kisah 8:26-30 Abis ngebaptis sida-sida dari Ethiopia, tiba-tiba Filipus berpindah tempat dari Yerusalem ke Asdod dalam waktu singkat. Padahal jaman dulu buat bepergian dari kota yang satu ke kota yang laen kan butuh waktu beberapa hari jalan kaki, apalagi jarak yang ditempuh kira-kira 60 km.
Mirip: Nightcrawler

 

Musa
Kemampuan: Atmokinesis/mengendalikan cuaca
Baca: Keluaran 14:15-31 Musa tinggal angkat tongkatnya en tiba-tiba datanglah angin timur yang keras yang bikin air laut Teberau terbelah dua dan nyisain tanah kering buat dilewatin, orang Israel tinggal nyantai aja jalan kaki sementara di sebelah kiri dan kanan mereka ada tembok air, kayak di seaworld aja! Hehe. Enak ya… nggak usah mahal-mahal bayar tiket kapal laut or pesawat terbang, cukup angkat tangan aja, hehe…
Mirip: Storm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daniel
Kemampuan: Super Genius, 10x lipat dari ilmuwan
Baca: Daniel 1:20 Selama 10 hari Daniel nantang pemimpin pegawai istana Nebukadnezar buat ngebuktiin kalo makanan-makanan yang enak nggak ada hubungannya sama otak en kekuatan mereka. Sementara yang laen makan makanan raja yang so pasti uenak tenan plus anggur, Daniel cuman minta sayur ama air doang. Tapi hasilnya jangan tanya… otak Daniel jauh lebih tokcer daripada semua saingannya.
Mirip: Brainiac 5

 

Petrus
Kemampuan: Invisibility/tak kasat mata
Baca: Kisah 5:17-29, 12:1-17 Petrus bisa keluar dari penjara tanpa terlihat oleh penjaga-penjaga penjara. Nggak cuman sekali lho, dua kali Petrus bisa dengan santainya melenggang keluar dari penjara tanpa ada yang ngelihat. Semua pejabat yang memenjarakan Petrus bengong pas nengokkin Petrus di penjara karena pintu penjara terkunci sangat rapi dan semua pengawal ada di tempatnya di muka pintu tapi Petrus lenyap. Yang kedua kalinya Petrus malah dibelenggu dengan 2 rantai diantara 2 orang prajurit. Tapi lagi-lagi Petrus nyantai aja jalan keluar dari penjara tanpa dipergoki oleh semua penjaga. Wow!
Mirip: The invisible girl

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s