8E Persiapan Sebelum Pacaran

432316_490948117612151_951129174_n

Apakah kamu ud siap buat pacaran?
Klo tadi sudah ada 9S sekarang ada 8E ..

8E yang harus kamu tanyain ke diri kamu sebelum kamu pacaran 🙂
cekidottt ..

1. Ethic
Bisakah/Apakah aku membedakan yg benar dan yg salah? (pikiran, perasaan dan kehendak)2. Emotion
Bisakah/Apakah aku mengendalikan perasaan ku? (example : Dorongan seksual/ perhatian berlebihan)3.Earn
Bisakah/Apakah aku membiayai proses berpacaran ku tanpa bergatung orang tua dan tidak merugikan orang lain/diri sendiri? (example: ngutang/minta uang ortu buat nonton di bioskop/Traktir Pacar)4.Ego
Bisakah/Apakah aku melakukan sesuatu bukan untuk mencari keuntungan ku sendiri (example: kepuasan sex, pacaran cuma buat iseng/cari pengalaman)?

5.Enjoy = Bisakah/Apakah aku mengisi pacaran dgn hal2 yg menyenangkan dengan cara yang postif Bukan pacaran yang menghasilkan PENYESALAN?

6.Entertainmen
Bisakah/Apakah aku berpacaran bukan karena takut dibilang Jomblo (”kok belum punya pacara?” / “Kapan kawin?”) atau untuk menyenangkan teman2 dekat ku?

7.Example
Bisakah/Apakah aku menjadi teladan dalam berpacaran bukan menjadi batu sandungan bagi orang lain? (Dalam perkataan & perbuatan)

8.Evaluate
Bisakah/Apakah aku menilai diri ku dengan jujur, jika aku salah aku akan mengakui salah dan mau berusaha memperbaiki?

Orang-orang yang menjawab “BISA” / “YA” pada keseluruhan pertanyaan ini, bisa katakan siap / dewasa dalam berpacaran … 🙂

sebelumnya lihat dulu : 9S sebelum pacaran
Leave a Reply

